File is missing or corrupt: hal.dll

Keterangan itulah yang pertama muncul. Pada saat saya sedang asik mengetik, dengan MsWord, tiba-tiba komputer saya merestart. Lalu munculah tulisan :

Boot from c:/winnt/

... file is missing or corrupt: hal.dll

Please copy or reinstall this file

Pada saat itu saya masih berpendapat bahwa hanya terjadi kesalahan file .dll, dan dapat selesai dengan mengcopynya. Akhirnya saya memutuskan untuk meng-install ulang, tetapi pada saat booting dengan cd, yang saya lihat cukup mengerikan, drive yang ada di harddisk yaitu drive data dianggap kosong, alias free. Sampai saat itu saya masih berpikiran positif, dan saya lanjutkan menginstall dengan harapan windows akan mendetect drive tersebut. Ok, proses install selesai, dengan penuh harapan drive data saya terdeteksi. Tetapi, setelah saya check ternyata Drive Data saya hilang :( saya mencoba dengan beberapa cara, tetap saja drive tersebut tidak muncul dan meminta untuk di format ulang, hal ini tidak saya lakukan karena akan "membantai" secara keseluruhan. Sekedar info, dalam drive tersebut terdapat semua data penting, koleksi Mp3, script asp dan php, installer, termasuk file design portfolio saya yang terbaru hilang semua dan belum ada satupun yang di backup. Bingung... harus diapakan agar file-file yang ada dalam drive tersebut kembali normal. Untuk saya, kehilangan data sama dengan kehilangan "kehidupan" :(((( Semoga saya dapat memulai "kehidupan" yang baru. Jika ini disebabkan oleh virus, semoga saja "sang virus maker" mendapat balasan yang setimpal dunia akhirat.

6 comments:

preaxz said...

hal.dll?
hmm ... pernah mengalami sebelumnya, semua file dokumen (doc, xls, ppt, pps dan lain2) berubah ukuran menjadi 1KB setiap filenya.

Nggak ada cara lain yang saya dapat kecuali reinstall windows. File-file memang terhapus semua, tapi beberapa file penting akhirnya bisa terselamtakan dengan bersusah payah menggunakan RecoverMyFile ...

Abu Yusuf said...

Coba dulu hardisknya diganti boardnya dulu mas.
Saya minggu lalu mengalami hal yang sama. Ternyata permasalahannya ada pada harddisk saya. Solusinya saya cari pinjeman board yang seseri dengan harddisk saya itu, pasang, abis itu datanya aku dump ke harddisk baru.
Sekarang gak masalah lagi.
Semoga Membantu

cahyo said...

turut berduka mas.. :-(

bisa menjadi pelajaran berharga buat saya...

pipit said...

Di majalah chip yang baru ada beberapa tools untuk penyelamatan data.

Coba saja yg akses "low level" ke hd langsung. Mudah2an partisi / data bisa terselamatkan.

Semoga membantu.

Harry said...

waduh... turut berduka cita mas.
btw; sudah coba berbagai produk data recovery yang ada ? kalau belum, mungkin bisa dicoba dulu. kadang recovery ratenya cukup bagus lho, bahkan ketika hard disknya sudah terlanjur di format sekalipun.
moga sukses.

Aristianto said...

Thx untuk semua inputnya, saya akan langsung coba tips2 dari kalian. Mudah-mudahan "kehidupan" saya bisa diselamatkan.