Backlink, The Power of SEO

Cara kerja Search Engine (SE), khususnya Google, makin sulit untuk dipahami. Banyak pendapat dan tips yang memberikan solusi agar dapat mendapatkan posisi yang baik dalam SE dan banyak pula diantaranya yang sulit atau bahkan tidak dapat dibuktikan. Sampai saat inipun saya belum mendapatkan solusi formula dan kombinasi yang paling tepat untuk SEO (Search Engine Optimization).

Bukan tips2 apa saja yang berkaitan dengan , tetapi apa yang ada dibalik itu semua. Saya mencoba untuk mencari logika yang diterapkan dalam proses pencarian keyword sehingga akan lebih memudahkan dalam mempelajari SEO. Ini hanya sebuah analisa pribadi saya.

Dalam 3 minggu terakhir ini saya mempelajari mengenai Expert System (Sistem Pakar) yang merupakan salah satu penerapan dari konsep Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Pengertian dari Sistem Pakar itu sendiri adalah program komputer yang mencoba untuk mewakili pengetahuan dari pakar manusia dalam bentuk heuristic. Istilah heuristic berasal dari kata Yunani yang sama dengan kata eureka, yang berarti “menemukan”. Heuristik ini tidak menjamin hasil semutlak algoritma konvensional tapi menawarkan hasil yang kebanyakan cukup spesifik untuk dimanfaatkan. (Mcleod, Raymond. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Kedelapan Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. INDEKS)

Proses pencarian dalam sistem pakar melibatkan 2 type yaitu:

Dari dua proses diatas, yang paling menarik perhatian saya adalah Depth First Search. Proses ini dapat dijabarkan menjadi dua, yaitu:

1. Pencarian ke kedalaman

2. Menelusuri dari bagian terkiri, hingga terdalam, lalu melacak balik hingga ditemukan hasil.

Sebelum lebih dalam, dibawah ini adalah gambar dari Depth First Search.

1. Pencarian di Kedalaman

Dari gambar Depth First Search (DFS) dapat dilihat bahwa pencarian dilakukan hingga bagian akhir ditemukannya hasil yang telah ditentukan dalam proses pencarian pada saat awal. Penentuan proses pencarian ini bisa diibaratkan pasa saat kita memasukan keyword pada text box dihalaman index Google. Proses selanjutnya Search Engine Bot (SE bot) akan melakukan proses pencarian pada seluruh halaman yang telah ter-crawl, lalu akan menampilkannya pada halaman hasil. Dari seluruh pencarian, halaman hasil (Google) hanya akan menampilkan maximal 1000 hasil, tidak seperti apa yang terlihat pada jumlah pencarian yang sebenarnya.

(gambar diatas di ambil dari Google dengan keyword : mp3)

2. Menelusuri dari bagian terkiri, hingga terdalam lalu melacak balik hingga ditemukan hasil.

Proses ini adalah yang paling menarik. Menurut saya proses pencarian oleh SE bot akan dilakukan mulai dari halaman yang pertama kali terindex dalam proses crawl. Hal ini sangat terkait erat dengan tips yang banyak diberikan oleh para ahli SEO, yaitu disarankan untuk melakukan ping setiap kita selesai posting. Proses ping ini bisa dilakukan dengan bantuan web seperti PingOMatic.com . Ping bertujuan “memberitahu” SE bot bahwa kita telah melakukan update, sehingga proses crawl akan segera dilakukan oleh SE bot dan jika kontent kita masuk dalam basis data pertama kali akan memungkinkan mendapat posisi yang baik di SE.

“…, hingga terdalam”. Proses pencarian dilakukan “hingga terdalam”, hal ini dapat dijelaskan bahwa SE bot akan mencari halaman-halaman berikutnya yang saling terkait. Ini dapat dilihat dari gambar Depth First Search diatas. Proses pencarian halaman yang saling terkait ini dilakukan oleh SE bot dengan memeriksa link/tautan yang ada pada halaman yang ter-crawl. Dari cara kerja tersebut, maka dapat disimpulkan Backlink adalah jawabannya.

Membangun backlink adalah tips yang paling banyak direkomendasikan oleh para ahli SEO. Dengan membangun backlink pada halaman/situs khususnya yang mempunyai topik sama, maka akan membuat situs kita mendapat “perhatian” dalam proses pencarian dalam SE.

Link Exchange ("Reciprocal Link Exchange"), salah satu solusi SEO juga mempunyai hubungan dengan proses DFS. Jika kembali pada gambar DFS, maka link exchange dapat digambarkan sebagai berikut.

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa proses pencarian akan kembali ke Situs A, maka akan ada dua kali kesempatan untuk menemukan “keyword” pada situs A. Dan Situs A memberikan kesempatan untuk melakukan pencarian kepada SE bot menuju situs C. Itu hanya berasal dari satu situs, bagaimana jika backlink yang kita bangun berasal dari banyak situs, pasti akan lebih memberikan nilai pada situs kita.

Menurut saya, dari dua hal diatas, dapat disimpulkan bahwa hal yang paling utama dalam SEO adalah:

  • Membangun Backlink

Backlink akan “membuka jalan” SE bot untuk menuju situs kita. Jangan lupa untuk memperhatikan topik/bahasan situs yang akan kita tempatkan backlink. Membangun backlink dapat dilakukan dengan cara membeli link atau dengan fasilitas gratis yang banyak diberikan oleh penyedia layanan link, salah satunya adalah Digital Point.

  • Menjadi yang pertama untuk masuk dalam proses crawl Google

Solusinya adalah dengan membuat melakukan ping setelah posting, dengan begitu maka kontent akan segera dicrawl dan segera masuk dalam basis data sehingga akan lebih diprioritaskan dalam halaman hasil.

Penjelasan panjang lebar diatas hanya sebagian kecil dari proses pencarian yang diterapkan oleh SE. Masih banyak lagi hal lainnya yang sulit untuk dimengerti dan dijelaskan, antara lain adalah:

  • Page Rank, perhitungan rangking suatu situs yang akan mendapatkan prioritas dalam proses pencarian.
  • Domain Name/Permalinks, hubungan antara domain/permalinks yang lebih diutamakan dalam pencarian keyword oleh SE bot.
  • Link Bait, yaitu backlink yang hanya one way (satu arah).
  • Natural Language Processing (NLP), kabarnya SE bot, Google, telah melibatkan NLP dalam pencarian link/tautan dalam suatu halaman.
  • Duplicate Content, untuk hal ini sulit untuk dijelaskan karena banyak situs yang mempunyai category duplicate, seperti situs lirik dan beasiswa, tetapi masih dapat posisi yang bagus di SE.
  • SandBox, fenomena yang membuat suatu situs terjebak dalam kondisi dimana sulit terindex oleh SE.
  • Dan Sebagainya.

Jika anda mempunyai masalah dalam meningkatkan jumlah pengunjung situs (Visitor Traffic), tidak ada salahnya untuk mulai membangun backlink dan rajin untuk “memberitahu” Google dengan melakukan ping. Atau silahkan baca beberapa tips ini.

Semoga Bermanfaat

13 comments:

IMW said...

BFS dan DFS malah jarang digunakan pada sistem berbasiskan AI karena dianggap permasalah u, metoda search heuristic yang sering digunakan seperti A*, max-min dan sebagainya.

IMW said...

Pada sistem pakar, metoda pencari BFS dan DFS malah jarang digunakan. Sebab timbul cabang pencarian yang melebar secara exponential.

Untuk itu diterapkan metoda pencarian heuristik seperti A*, max-min, dan lain sebagainya.

Aris said...

Iya Pak, saya melihatnya juga begitu, karena bisa terjadi ketidakpastian dalam pencariannya.

Saya hanya melihat dari segi "backlink" dalam SEO yang membantu dalam proses crawl SEbot.

Terima kasih atas kunjungannya pak, terutama atas pencerahaanya :D

ajemanis said...

ini ceritanya nyambung postingannya cosa om? :)

cosa said...

berarti seandainya kita punya situs baru dan ingin situs itu lebih cepet terindex, kita harus naruh linknya di bagian kiri atas (ya gak tepat kiri atas sih :p) dari content situs kita yg lain yg udah ter-index dng mapan. Gitu yah?

IMW said...

BFS dan DFS malah memberikan _kepastian_ dalam menemukan sesuatu. Yang jadi masalah adalah waktu pencarian yang akan membludak (asumsikan 1 node punya cabang 10, dan tiap anak cabang juga punya 10 node), maka baru 2 tingkat Anda akan menelusuri banyak sekali path.

Metoda heuristik seperti A*, max-min, pruning dsb, mencoba mengurangi waktu pencarian dengan menggunakan "pembobotan cabang, berdasarkan metoda heuristik", sehingga diharapkan node yang dicari lebih cepat ditemukan.

Tetapi problem lainnya, adalah bisa saja node tersebut tidak dicari karena kesalahan penentuan metoda heuristik di dalam memboboti link

Aris said...

@ajemanis: kira2 seperti itu :)

@mas cosa: Maksudnya "dari kiri" itu situs kita harus berada pada "level" pertama dalam proses pencarian.

@Pak IMW: :D saya baru mudeng nih Pak, thx inputnya. Saya pasti akan belajar lebih banyak lagi mengenai AI dan ES ini, biar bisa seperti bapak :D .

cosa said...

ngomong2, dagangan pisangmu hari ini (8 April) nomer 1 tuh di google (com dan co.id).

bahan untuk analisa berikutnya? :)

Aris said...

Iya Mas, aku ud check barusan. Nanti aku coba perhatiin dulu, soalnya akhir2 ini Google Dancing Too Sexy :D

izza said...

jadi istilah "kiri" itu hanya menggambarkan "yang pertama disambangi", gitu?

Membedakan yang "kiri" dan yang bukan gimana tuh?

mbedeone said...

SAYA RASA PENDAPAT ANDA ADA BENARNYA SOALNYA PAS GW UDAH BUAT BACKLINK SITE GW LANGSUNG NAIK 3 HALAMAN di GOOGLE + SITE SAYA + monggo mas ,..

EndriJasmine said...

Sangaat bermanfaat sekali mas Aris. :)

Sarimpi said...

..Tapi kok susah ya mendapat backlink. Sudah saya coba niggalin di forum, tapi situs duadunia.net masih 0 PR-nya..