Adsenser Indonesia, Pahlawan Devisa Negara

Apa yang ada dipikiran anda jika mendengar kata Pahlawan Devisa? Ehmm... 99% pasti menjawab TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yaitu para pekerja yang bekerja diluar negeri, dan sebagian besar dari mereka bekerja pada sektor rumah tangga. Mereka mendapat gelar pahlawan devisa, karena mereka merupakan penyumbang terbesar devisa untuk negara setiap tahunnya.

Apakah anda mengetahui bahwa ada satu trend yang sedang berkembang, yaitu menjadi “Publisher” Iklan Online, terutama Google Adsense atau program-program “Online Earning” lainnya. Ya… program ini adalah program yang dikhususkan untuk para webmaster/pemilik website yang menyediakan space/tempat dihalaman websitenya untuk menampilkan iklan teks/banner. Dengan menampilkan iklan/banner tersebut,setiap pengunjung website yang meng-click, maka webmaster/pemilik website akan mendapatkan uang dalam jumlah yang variatif.

Sebutan yang sangat terkenal untuk para “Publisher” tersebut adalah Adsenser. Mengapa saya menyebut para Adsenser Indonesia sebagai Pahlawan Devisa Negara??, Saya coba sedikit berhitung pendapatan para Adsenser ini.

Sampai hari ini, dalam forum Adsense-Id, ada 3276 anggota yang terdaftar. Apakah itu jumlah total Adsenser Indonesia?? Tidak…saya tidak yakin hanya sejumlah itu jumlah Adsenser Indonesia. Mungkin jumlahnya bisa 2-3 kali lipat dari jumlah yang terdaftar di Forum Adsense-Id, atau bahkan bisa lebih. Berarti jumlah Seluruh Adsenser adalah Sekitar 9828 kalau kita kalikan jumlah anggota forum Adsense-ID hanya dikali 3.

Dari angka itu, berapa pendapatan dari mereka?

Memang, jumlah yang didapat dari setiap Adsenser pasti berbeda, mulai dari US$ 2/bulan bahkan sampai melewati angka US$ 5000/bulan. Dari nilai ini, Saya mengambil rata-rata setiap Adsenser mempunyai pendapatan US$ 50 – US$ 100/bulan.

Berapa jumlah US$ yang masuk ke Indonesia setiap bulannya??

9828 x US$ 50 s/d US$ 100 / bulan = US$ 491.400 s/d US$ 982.800 setiap bulannya.

Bagaimana kalau setahun??? Jumlahnya adalah sekitar:


US$ 5.896.800 s/d US$ 11.793.600

atau jika di Rupiahkan dengan kurs Rp.9000, adalah

Rp. 53.071.200.000 s/d Rp. 106.142.400.000

53 Milyar s/d 106 Milyar Rupiah / tahun

Angka yang cukup fantastis bukan…. Untuk itu mereka patut disebut sebagai

Pahlawan Devisa Negara yang baru :)

Ehmm… Itu hanya angka-angka perkiraan yang saya dapat melalui perhitungan yang tidak sesuai dengan data valid. Tetapi itu bukan tidak mungkin, karena dilihat dari aktifitas para Adsenser di forum Adsense-ID yang selalu mengoptimalkan Website yang mereka miliki untuk mendapat pengunjung yang banyak, sehingga membuka peluang untuk mendapat uang lebih banyak.

Hari ini (10 Desember 2006), para Pahlawan Devisa diforum Adsenser-Id ini akan mengadakan Gathering Akbar yang akan diadakan di Semarang. Ingin sekali saya datang untuk bergabung, tetapi sayang sekali saya tidak bisa menghadirinya, saya berharap agar dalam gathering nanti dapat menghasilkan sesuatu yang berguna untuk kepentingan bersama. Mungkin saya hanya akan menikmati lewat report yang pasti akan diberikan dalam forum. Saya harap, untuk semua Adsenser-Id dapat memberikan hasil yang baik untuk kemajuan bersama, hindari “Saling Memakan”, “Saling Menikam” atau bahasa kerennya “Click Fraud” sesama Adsenser Indonesia. Mari kita bersama saling mendukung untuk mendatangkan Dollar ke Indonesia.

Bravo Adsenser Indonesia!!!

14 comments:

Yudi Wibisono said...

Saya pikir tergantung yang meng-klik ad-nya dari mana. Kalau memang dari luar Indonesia memang akan mendatangkan devisa. Tapi setahu saya, kebanyakan yang meng-klik dari Indonesia juga kan? (CMIIW)

Anonymous said...

Wah sampai US$ 100 per bulan? Banyak sekali? Waktu saya daftar Google Adsense kemarin katanya situs saya tidak memenuhi syarat. Kenapa ya? Hehe

Anonymous said...

Wah lagi semangat-semangatnya nih..:D

semoga adsenser makin mengedepankan content yang bagus untuk mendapatkan hasil

Anonymous said...

wah tadi saya kelewat baca..tapi pendapatan 50$-100$ per user..is to good to be true . Mgkn ada segelintir orang .. tapii semua user..sori lah yaw :D

Ardho said...

ada yg dapet 5000 dolar per bulan?!?!?!

hyaaa.. pengen juga.. :D

Anonymous said...

hitungannya kurang logis...

ngga semua adsenser berhasil..

dan banyak juga pengiklan yang berasal dari Indonesia...

seharusnya ada situs seperti adsense tapi dari indo.. itu baru rasional

Anonymous said...

wahh.. gila gede juga yah ??
gak nyangka euy.. thx udah mau ngitungin :D

btw, sebulan rata-rata berapa mas :p

Anonymous said...

Walopun dari sisi peserta masih kurang dari yg diharapkan, tapi secara keseluruhan acara berlangsung sukses. Selain silahturahmi, acara juga diisi dengan bahas-membahas situs maupun sharing tips.

Gathering berikutnya di Jogja. Ada yg berminat? :)

Anonymous said...

wah $5000 . saya pernah tuh sampe $10.000 :) ... saya rasa tambah maju jikalau koneksi internet tambah OK ... dengan koneksi yg rada2 lemot bener2 mengurangi produktifitas :(

Anonymous said...

mimpi kali yeeeee...............

Anonymous said...

kenapa nggak liat rangkuman forum Adsense-Id aja langsung? liat di sini: http://ads-id.blogspot.com

ada tips&trick yg keren!

Anonymous said...

Saya pikir gak semua pukul rata $50-$100. Karena untuk mencapai angka tersebut butuh kerja keras sih pak.

Minimal anggaplah dari 500 visitor/hr hanya 1% yang ngeklik berarti kira2 5 orang. Itu pun paling banyak.

Pukul rata 5 orang total = $5 / hari
perbulan = $150

Apakah untuk mencari 500 Unique Ip per hari itu gampang?

Bloggerism said...

Saya pikir gak semua pukul rata $50-$100. Karena untuk mencapai angka tersebut butuh kerja keras sih pak.

Minimal anggaplah dari 500 visitor/hr hanya 1% yang ngeklik berarti kira2 5 orang. Itu pun paling banyak.

Pukul rata 5 orang total = $5 / hari
perbulan = $150

Apakah untuk mencari 500 Unique Ip per hari itu gampang?

@Bapak handry
Betul pak saya setuju, memang sulit untuk mendapatkan pendapatan sebesar itu. Perlu keseriusan dan kerja keras, no short cut to success.

Anonymous said...

udah 1/2 taon mencoba2 adsense..tetep aja masih memble :( hiks...