Pisang Goreng Anget - Cara Kerja Search Engine

Membaca artikel tentang studi kasus SEO (Search Engine Optimization) yang saya lihat di forum Adsense-id, yang ditulis oleh Cosa Aranda mengenai Pisang Goreng Anget sangat menarik sekali. Disitu saya lebih mengerti mengenai cari kerja search engine. Banyak Web Master atau Web Programmer yang tidak memikirkan hal ini, contohnya banyak dari mereka (salah satunya mungkin saya) yang tidak sadar akan pentingnya search engine (Google, Yahoo, Live, dll) untuk memaksimalkan visitor website. Hal ini bisa dibantu dengan membuat Link yang search engine friendly. Biasanya untuk bahasa program yang kita buat untuk website, link yang dihasilkan misalnya adalah:

http://www.namadomain.com/detailpage.php&id=4545&cat=64

memang tidak ada yang salah dari itu, tetapi search engine akan sulit sekali mengenali content yang ada didalam halaman tersebut. Akan lebih baik lagi jika membuatnya yang lebih search engine Friendly, misalnya :

http://www.namadomain.com/category/archive/title-halaman

dengan begitu akan lebih mudah sekali search engine mengenali dan membuat halaman tersebut terindex dalam search engine. Sampai sekarang ini saya masih mencoba untuk memaksimalkan website dan content website agar lebih mudah terindex oleh search engine.
Iseng-iseng saya coba search salah satu posting saya mengenai Pameran buku Gramedia Group melalui Google dan Yahoo hasilnya adalah halaman posting saya muncul pada halaman pertama di Google dan Yahoo. Kalau menurut logika, harusnya yang muncul pada posisi pertama adalah perusahaan Gramedia Group, tetapi kenapa posting saya yang muncul pada posisi pertama di Google. Mungkin untuk lebih jelasnya kita harus menanyakan hal ini langsung kepada pembuat search engine yang bersangkutan mengenai cara kerja search engine tersebut, tapi hal itu tidak mungkin, cara yang paling mudah yaitu dengan membuat website kita lebih search engine friendly.

2 comments:

Anonymous said...

wahh.. menarik banget. thx buat ceritanya :)

Anonymous said...

wah.. menarik banget..

thx for sharing :)



*mampir... kunjungan harian.. :)*
-=|[gretong bilang:budayakan berkomentar]|=-