Memilih Hosting


aristianto :
Sekarang sudah banyak pilihan penyedia layanan hosting, mau yang lokal atau yang "interlokal". Tapi yang jadi kendala untuk para webmaster muda, biasanya kurang selektif dalam memilih hosting yang baik, biasanya cuma karena murah, maka memilih untuk menaruh kerjaannya di penyedia hosting yang kurang baik.

Tips-tips memilih hosting:

  • Perhitungkan kapasitas & bandwith, maksudnya jangan menyewa hosting melebihi dari keperluan. Hal ini bisa dilihat dari sejauh mana kita akan mempublikasikannya, kalau hanya untuk keperluan pribadi maka sebaiknya hanya menyewa kapasitas yang kecil, tetapi jika untuk keperluan komersil maka perlu dipertimbangkan untuk menyewa hosting yang cukup besar dengan bandwith besar.
  • Koneksi, Lambat atau cepatnya koneksi ke website kita salah satu faktornya adalah koneksi yang tersedia pada jasa layanan hosting. Kita harus pertimbangkan untuk memilih lokasi hosting, mau diluar negri atau yang di dalam negri, ini tergantung dari keperluan website kita.
  • Fasilitas, tidak ada salahnya kita melihat-lihat tawaran yang diberikan oleh penyedia layanan. Jika ada yang tidak dimengerti, sebaiknya ditanyakan pada bagian support.
  • Harga, banyak yang murah tapi sedikit yang berkualitas.
  • Percayakan pada yang pengalaman. Lihat siapa saja yang telah menyewa jasa hosting pada penyedia layanan tersebut, kita bisa lihat dari banyaknya penyewa yang menaruh websitenya dijasa layanan hosting tersebut.

Untuk sementara itu saja tips dari saya, mudah-mudahan menjadi input sebelum menentukan keputusan untuk menyewa hosting.

0 comments: