Brontok New Variant

aristianto :
Masih inget Brontok? virus itu sempat "berkeliaran" di indonesia, tetapi memang umurnya tidak panjang, virus itu segera bisa ditangkal dengan antivirus dengan update yang terbaru pada saat itu. Virus yang menyerupai File Folder itu, meng-execute & menduplikasikan "diri" jika di "klik", jika kita benar-benar waspada, sebelum membuka removeable drive kita bisa menghindarinya dengan

"Search File"

Lalu masukan

*.exe

pada search all files / folder

lalu menghapusnya folder file yang mempunyai type Application secara manual.

Tapi sekarang ada variant baru dari jenis virus tersebut, dengan extensi file

.scr

Agak menyebalkan juga, saya sudah pernah terinfeksi virus ini, untungnya hanya sebatas di Flashdisk. Saya coba scan scan dan ternyata antivirus saya berhasil mendeteksi dan dihapus. Setelah proses scan selesai, saya coba check Flashdisk saya, dan ternyata semua folder yang terinfeksi virus tersebut ikut "hilang" bersama virus yang saya delete waktu proses scanning.
Setelah saya teliti lagi, secara fisik, folder-folder yang diflashdisk saya masih ada, hal ini saya ketahui sewaktu saya scan ulang dan saya lihat folder-folder tersebut masih ada.
Demikian juga sewaktu saya lihat di Properties Flashdisk, kapasitasnya juga masih sama dengan sewaktu saya terinfeksi virus tersebut, tetapi komputer saya tidak bisa menampilkannya

Untuk menghindari hal yang sama, sementara para perusahaan antivirus sedang bekerja untuk menghilangkan virus ini (saya termasuk yang sering update), untuk sementara saya tidak membuat Folder didalam flashdisk, dan melakukan hal yang sama yaitu search file dengan ekstensi .scr lalu saya hapus secara manual. Menurut penelitian saya, virus itu hanya menginfeksi folder-folder yang ada dalam removeable disk.

0 comments: