BOOM Graphic Design!!!


aristianto :
Graphic Design, dunia yang satu ini memang lagi "In" di Indonesia, hal ini dapat dilihat dari kampus-kampus yang latah membuat fakultas DKV (Desain Komunikasi Visual) dan makin dipenuhi mahasiswa, banyaknya seminar yang membahas tentang pentingnya design graphic, bertumbuhnya perusahaan yang menspesialisasikan diri dalam graphic design, kebutuhan pasar yang sangat besar.


Memang setiap usaha/perusahaan yang ada pasti memerlukan hal yang satu ini, mulai dari kebutuhan design logo, sampai dengan media promosi, mungkin itu sebabnya masih banyak peluang didunia grafis. Dilain sisi lahan pekerjaan yang makin berkembang ini tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang memadai. Saya sering melihat dipinggir-pinggir jalan tulisan "Design Logo", "Setting Mac", "Terima Design Kartu Nama", dan lain-lain, saya berpikir apakah mereka juga bisa disebut dengan Graphic Designer, atau hanya sebagai Graphic Designer Gadungan. Apa dengan menguasai graphic design software kita bisa menyebut diri kita sebagai seorang Graphic Designer? Tidak ada patokan yang jelas mengenai hal itu.

Secara tidak sadar, otak kanan kita setiap hari menerima input berupa visual, tetapi sayangnya kita tidak terlalu perduli hal-hal yang terjadi dibalik itu. Jika kita pelajari lebih dalam lagi, maka itu akan mempunyai pengaruh terhadap psikologis seseorang. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para Graphic Designer untuk membuat design yang mempunyai pengaruh, contohnya ialah graphic design dapat mempengaruhi penjualan suatu barang atau bahkan suatu kinerja perusahaan.

Dinegara tetangga kita, Singapore atau Australia, dunia graphic design sudah berkembang dengan pesat. Dan masyarakat disanapun sudah bisa menghargai sebuah karya design. Begitu juga didunia, sudah banyak sekali negara-negara yang memanfaatkan secara maksimal pentingnya graphic design dalam kehidupan sehari-hari.



Industrial Revolution is Finish.

Information Revolution is Finish.

Telecommunication Revolution is Finish.


Graphic Design Revolution is START.


Mungkin hal itu yang sedang terjadi di Indonesia atau mungkin didunia.

0 comments: